Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Odoo vs SAP : Fitur, Harga, Dll Mana Yang Lebih Baik?

Odoo vs SAP : Fitur, Harga, Dll Mana Yang Lebih Baik?

Diposting pada 30 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 259 kali / Kategori:

Odoo dan SAP Business One keduanya adalah Solusi ERP yang populer digunakan untuk manajemen bisnis dan inventarisasi. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan, baik dalam fitur dan fungsionalitas.

  1. Open Source vs Proprietary: Odoo adalah perangkat lunak open source yang dapat dimodifikasi dan dikembangkan secara terbuka, sedangkan SAP Business One adalah perangkat lunak yang paten dan dimiliki oleh SAP. Ini mempengaruhi biaya dan kontrol pengembangan.
  2. Fitur dan Fungsionalitas: Odoo menyediakan berbagai modul bisnis seperti CRM, manufaktur, persediaan, akuntansi, penjualan, dan pembelian. SAP Business One lebih terfokus pada bisnis yang lebih besar dengan fitur seperti manajemen proyek, analitik, HR, dan manajemen produksi.
  3. Biaya: Odoo lebih terjangkau dibandingkan dengan SAP Business One yang biasanya digunakan oleh bisnis yang lebih besar. Ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran bisnis, kebutuhan fungsionalitas, dan konfigurasi yang diinginkan.
  4. Kustomisasi: Karena Odoo adalah perangkat lunak open source, kustomisasi dan pengembangan yang lebih mudah dan terbuka untuk modifikasi. SAP Business One menyediakan lingkungan pengembangan terpisah untuk kustomisasi, tetapi ini membutuhkan waktu dan biaya yang lebih tinggi.
  5. Integrasi: Odoo dan SAP Business One keduanya dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga seperti CRM, eCommerce, dan sistem manajemen gudang. Namun, SAP Business One terkenal dengan integrasi yang lebih kuat dan lebih mudah dengan solusi SAP lainnya seperti SAP ERP atau SAP S/4HANA.
Odoo Vs SAP

Odoo Vs SAP

terdapat beberapa perbedaan dan kesamaan antara Odoo dan SAP Business One dalam hal manajemen persediaan, rantai pasokan, produksi, dan manajemen kualitas. Berikut ini adalah perbandingannya:

Perbandingan Fitur Odoo vs Sap

Fitur Odoo SAP Business One
Multi-Warehouse Ya Ya
Storage Locations (Bins) Ya Ya
Mobile Device Support Ya Ya
Multi-Company Ya Ya
Multi-Currency Ya Ya
Multi-Language Ya Ya
Automatic ASN (Advanced Shipping Notice) Ya Ya
Package Management/Cartoning Ya Ya
Freight Carrier Integration Ya Ya
EDI (Electronic Data Interchange) Ya Ya
Barcode Support Ya Ya
Lots/Serial Numbers Ya Ya
Receptions, Picking, Internal Moves, Delivery Orders, dan Inventory Adjustments Ya Ya
FIFO/LIFO Ya Ya
Planning Ya Ya
Production Orders Ya Ya
Costing Ya Ya
Maintenance Ya Ya
Quality Control Ya Ya

Overall Odoo vs Sap

Odoo Vs SAP

Odoo Vs SAP

Perbandingan Odoo dan SAP dari data yang diberikan sebagai berikut:

  1. Target Pasar

  • SAP Business One: Dirancang untuk perusahaan kecil hingga menengah dan terutama cocok untuk light manufacturing.
  • Odoo Online: Cocok untuk berbagai ukuran bisnis, dari kecil hingga besar, dengan modularitas untuk menginstal hanya aplikasi yang diperlukan.
  1. Model Bisnis

  • SAP Business One: Model bisnis tradisional dengan biaya yang tinggi untuk implementasi dan biaya tambahan untuk dukungan dan pemeliharaan.
  • Odoo Online: Open-core suite yang tersedia dalam on-premises atau cloud dengan model bisnis berlangganan bulanan.
  1. Pengguna

  • SAP Business One: Memiliki 650.000 pengguna di seluruh dunia.
  • Odoo Online: Memiliki lebih dari 2 juta pengguna di lebih dari 120 negara.
  1. Partner

  • SAP Business One: Memiliki 670 partner di seluruh dunia.
  • Odoo Online: Memiliki 730 partner yang telah disertifikasi.
  1. Aplikasi

  • SAP Business One: Menawarkan solusi ERP yang lengkap, termasuk CRM, namun kurang dalam fitur perencanaan dan pengendalian lantai pabrik untuk manufaktur yang kompleks.
  • Odoo Online: Menawarkan modularitas, memungkinkan pengguna untuk menginstal hanya aplikasi yang diperlukan dan menambahkan atau memodifikasi fungsi melalui ribuan modul yang dikembangkan oleh komunitas.
  1. Implementasi

  • SAP Business One: Dirancang untuk diterapkan dengan sedikit modifikasi dan minimal kustomisasi untuk mempercepat proses implementasi.
  • Odoo Online: Menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi untuk kustomisasi dengan ribuan modul yang tersedia, tetapi membutuhkan dukungan dari partner sertifikasi Odoo untuk implementasi yang sukses.

Dalam ringkasan, SAP Business One merupakan solusi ERP yang lengkap dengan model bisnis tradisional dan cocok untuk light manufacturing. Sedangkan Odoo Online menawarkan modularitas, fleksibilitas kustomisasi yang lebih tinggi, dengan model bisnis berlangganan bulanan, dan cocok untuk berbagai ukuran bisnis.

Namun, terdapat beberapa perbedaan antara Odoo dan SAP Business One dalam hal manajemen produksi dan manajemen persediaan. Misalnya, Odoo memiliki fitur MRP II Scheduler dan Infinite Capacity Scheduling, sedangkan SAP Business One tidak memiliki fitur tersebut. Sedangkan SAP Business One memiliki fitur Non-Stocked Inventory dan Odoo tidak memiliki fitur ini. Selain itu, SAP Business One juga memiliki fitur Shop Floor Terminals dan Non-Production Activities, sedangkan Odoo tidak memiliki fitur tersebut.

Dalam hal manajemen persediaan, keduanya memiliki fitur-fitur yang sama, seperti manajemen gudang multi-warehouse, manajemen lokasi penyimpanan (bin), dukungan perangkat mobile, manajemen stok non-stok, manajemen lokasi berdasarkan ukuran, berat, dan kapasitas, serta manajemen pengiriman. Namun, hanya Odoo yang memiliki fitur QR code dan dukungan RFID.

Dalam hal rantai pasokan, keduanya juga memiliki fitur yang serupa, seperti manajemen data vendor, manajemen daftar harga vendor, kontrol kualitas masuk, dan pengadaan otomatis. Namun, hanya SAP Business One yang memiliki fitur manajemen stok minimum dan jadwal produksi II MRP.

Dalam hal produksi, keduanya memiliki fitur manajemen produksi yang sama, seperti manajemen BOM multi-level, manajemen perubahan rekayasa, manajemen kalender produksi, manajemen peralatan, dan manajemen pesanan produksi. Namun, hanya SAP Business One yang memiliki fitur penjadwalan kapasitas tak terbatas dan manajemen biaya pesanan produksi.

Dalam hal manajemen kualitas, keduanya memiliki fitur yang sama, seperti kontrol kualitas pada penerimaan, pengiriman, dan dalam proses produksi, serta manajemen non-konformitas dan tindakan korektif. Namun, hanya Odoo yang memiliki fitur manajemen kualitas stok karantina.

Secara umum, Odoo dan SAP Business One memiliki fitur-fitur yang serupa dalam manajemen persediaan, rantai pasokan, produksi, dan manajemen kualitas. Namun, terdapat beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh satu dari keduanya, sehingga pemilihan ERP yang tepat tergantung pada kebutuhan bisnis masing-masing.

Harga Odoo vs SAP Business One

Berikut adalah perbandingan harga antara Odoo dan SAP Business One:

  • Odoo: $25 per pengguna per bulan
  • SAP Business One: $2,975 per pengguna untuk lisensi perpetual + 18% per tahun untuk pemeliharaan dan dukungan.

Jika Anda mempertimbangkan biaya selama lima tahun untuk 50 pengguna, maka:

  • Odoo akan biaya $75,000 (50 pengguna x $25 per pengguna per bulan x 12 bulan x 5 tahun)
  • SAP Business One akan biaya $282,625 (50 pengguna x $2,975 per pengguna + 18% pemeliharaan per tahun x 5 tahun)

Namun, penting untuk diingat bahwa perbandingan harga ini hanya melihat biaya lisensi dan pemeliharaan, dan tidak memperhitungkan biaya lain seperti implementasi, pelatihan, dan konsultasi. Selain itu, kedua platform memiliki fitur dan fungsionalitas yang berbeda, jadi pastikan untuk melakukan evaluasi yang cermat untuk menentukan platform mana yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda.

User Interface Odoo vs SAP Business One

Odoo dan SAP adalah dua platform enterprise software yang populer digunakan dalam berbagai industri. Dalam hal usability dan user interface, kedua software memiliki perbedaan signifikan. Berikut adalah perbandingan antara user interface Odoo dan SAP:

SAP Business One

SAP Business One

  1. Tampilan dan Layout

Odoo memiliki tampilan yang lebih modern dan elegan. Menu utama terletak di sebelah kiri layar, sedangkan konten utama ditampilkan di sebelah kanan. Ada banyak gambar dan ikon, dan warna-warna yang menarik perhatian. Odoo juga menyediakan fitur drag-and-drop yang memudahkan pengguna untuk mengatur tampilan dan menyimpan preferensi mereka.

Sementara itu, SAP memiliki tampilan yang lebih konservatif dan klasik. Menu utama terletak di bagian atas layar, sedangkan konten utama ditampilkan di bawahnya. Warna yang digunakan cukup sederhana, terutama dominan hitam, putih, dan abu-abu. SAP tidak memiliki fitur drag-and-drop yang sefleksibel Odoo.

  1. Navigasi

Odoo memiliki sistem navigasi yang mudah dipahami dan mudah diakses. Semua menu utama dan submenu ditampilkan dalam satu daftar di sebelah kiri layar, dan pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya dengan mengklik pada item yang diinginkan. Selain itu, Odoo juga memiliki fitur pencarian yang cepat dan akurat untuk membantu pengguna menemukan menu dan konten yang mereka butuhkan.

SAP juga memiliki navigasi yang mudah dipahami, tetapi ada beberapa menu dan submenu yang tersembunyi dan sulit ditemukan. Pengguna harus mengklik beberapa kali untuk mencapai menu yang mereka inginkan. SAP juga tidak memiliki fitur pencarian yang secepat dan seakurat Odoo.

  1. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Odoo memiliki kemampuan integrasi yang sangat baik dengan aplikasi lain, termasuk platform pihak ketiga seperti Google Apps, Shopify, dan PayPal. Odoo juga memiliki banyak modul dan fitur yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain secara mudah dan cepat.

Sementara itu, SAP juga memiliki kemampuan integrasi yang baik dengan aplikasi lain, tetapi terkadang membutuhkan lebih banyak konfigurasi dan waktu untuk diimplementasikan. SAP juga memiliki kurangnya modul dan fitur yang mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain.

Dalam kesimpulan, Odoo dan SAP memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal usability dan user interface. Odoo memiliki tampilan yang lebih modern dan navigasi yang lebih mudah, sementara SAP memiliki integrasi aplikasi yang lebih baik. Penting bagi pengguna untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis mereka dan menguji kedua platform sebelum membuat keputusan akhir.

Bagikan ke

Odoo vs SAP : Fitur, Harga, Dll Mana Yang Lebih Baik?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Odoo vs SAP : Fitur, Harga, Dll Mana Yang Lebih Baik?

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: