Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

Diposting pada 8 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 189 kali / Kategori:

Teknologi identifikasi radio frekuensi (RFID) telah menjadi bagian penting dari industri logistik, terutama dalam manajemen rantai pasokan. Salah satu aplikasi utama dari teknologi RFID adalah dalam stock opname. Stock opname adalah proses pengecekan stok barang yang ada di gudang atau tempat penyimpanan untuk memastikan bahwa jumlah barang yang tercatat di sistem persediaan sama dengan jumlah yang benar-benar ada di gudang.

Sebelum teknologi RFID digunakan, stock opname sering dilakukan secara manual dengan cara mencatat jumlah barang yang ada di gudang dan membandingkannya dengan data persediaan yang tercatat di sistem. Cara ini sangat memakan waktu dan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Selain itu, proses manual juga rentan terhadap kesalahan manusia, seperti kesalahan penulisan atau penghitungan, yang dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam persediaan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi RFID sebagai alat bantu dalam stock opname dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi proses tersebut.

Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

RFID adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk membaca dan menulis informasi dari tag RFID. Tag RFID adalah perangkat kecil yang ditempelkan pada barang atau kemasan dan dapat membaca informasi tanpa perlu kontak fisik dengan pembaca RFID. Dalam proses stock opname, tag RFID dapat ditempelkan pada setiap barang yang tersimpan di gudang. Pembaca RFID kemudian dapat membaca informasi dari setiap tag RFID dan mengirimkan data ke sistem persediaan.

Dalam penggunaannya, teknologi RFID dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi stock opname dengan cara-cara berikut:

  • Memungkinkan pengawasan stok secara real-time Teknologi RFID dapat memungkinkan pengawasan stok secara real-time dengan cara memperbarui informasi persediaan secara otomatis ketika setiap barang dipindai oleh pembaca RFID. Dalam stock opname manual, informasi persediaan harus dicatat secara manual dan kemudian dimasukkan ke dalam sistem persediaan, yang dapat memakan waktu dan memungkinkan kesalahan manusia terjadi. Dengan teknologi RFID, pengawasan stok dapat dilakukan secara real-time, sehingga memungkinkan manajemen untuk merespon cepat terhadap perubahan persediaan dan memastikan persediaan selalu terjaga.
  • Meningkatkan visibilitas persediaan Penggunaan teknologi RFID dapat meningkatkan visibilitas persediaan dengan cara memungkinkan manajemen untuk melihat persediaan secara real-time dan dengan akurasi yang lebih tinggi. Dengan visibilitas persediaan yang meningkat, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat mengenai manajemen persediaan, seperti pengadaan barang baru atau pengurangan persediaan yang tidak terjual.
  • Mengurangi biaya operasional Penggunaan teknologi RFID dapat membantu mengurangi biaya operasional dalam proses stock opname. Dalam stock opname manual, biaya tenaga kerja yang diperlukan untuk melakukan stock opname yang cukup besar dapat menghabiskan anggaran operasional yang signifikan. Dengan teknologi RFID, proses stock opname dapat dilakukan lebih cepat dan dengan akurasi yang lebih tinggi, sehingga mengurangi biaya tenaga kerja yang diperlukan.
  • Meningkatkan keamanan persediaan Teknologi RFID juga dapat membantu meningkatkan keamanan persediaan dengan cara memungkinkan manajemen untuk melacak setiap barang yang keluar dari gudang dengan lebih akurat. Dengan tag RFID yang ditempelkan pada setiap barang, manajemen dapat melacak setiap barang yang keluar dari gudang dan memastikan bahwa setiap barang keluar dengan izin yang tepat. Dalam hal kehilangan atau pencurian barang, manajemen dapat menggunakan informasi dari tag RFID untuk menentukan kejadian tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai.

Baca Juga : Aplikasi Stock Opname Gratis Dan Terbaik

Bagikan ke

Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Stock Opname dengan Menggunakan Teknologi RFID

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: