Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Mengatasi Perbedaan Persediaan Obat dan Ketidakcocokan Data: Tips dalam Proses Stock Opname Rumah Sakit Atau Apotek

Mengatasi Perbedaan Persediaan Obat dan Ketidakcocokan Data: Tips dalam Proses Stock Opname Rumah Sakit Atau Apotek

Diposting pada 24 February 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 112 kali / Kategori:

Proses stock opname atau audit persediaan dapat menjadi tugas yang rumit, terutama jika terdapat perbedaan antara persediaan fisik dan data persediaan yang tercatat dalam sistem akuntansi perusahaan.

Berikut beberapa tips untuk membantu mengatasi perbedaan persediaan obat dan ketidakcocokan data selama proses stock opname:

  1. Pastikan proses penghitungan fisik persediaan dilakukan dengan benar: Sebelum melakukan stock opname, pastikan bahwa prosedur penghitungan fisik persediaan yang tepat telah diterapkan, termasuk pemilahan obat-obatan sesuai kategori, penghitungan jumlah persediaan secara akurat, dan verifikasi kembali hasil penghitungan. Pastikan bahwa seluruh tim yang terlibat dalam proses stock opname memahami prosedur ini dan menerapkannya dengan konsisten.
  2. Rekonsiliasi data persediaan: Setelah melakukan penghitungan fisik persediaan, lakukan rekonsiliasi data persediaan yang tercatat dalam sistem akuntansi perusahaan dengan hasil penghitungan fisik persediaan. Jika terdapat perbedaan antara persediaan fisik dan data persediaan yang tercatat dalam sistem akuntansi perusahaan, lakukan investigasi untuk mencari penyebab perbedaan tersebut.
  3. Cari tahu penyebab perbedaan persediaan: Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perbedaan persediaan, seperti kesalahan penghitungan fisik, kesalahan dalam pencatatan persediaan dalam sistem akuntansi perusahaan, atau kehilangan persediaan akibat pencurian atau kerusakan. Cari tahu penyebab perbedaan persediaan dan coba perbaiki masalahnya jika memungkinkan.
  4. Implementasi sistem yang lebih baik: Setelah menemukan penyebab perbedaan persediaan dan mencari solusinya, implementasi sistem yang lebih baik untuk mengurangi risiko perbedaan persediaan di masa depan. Misalnya, perusahaan dapat menerapkan sistem pengendalian persediaan yang lebih ketat, seperti membatasi akses ke gudang, mengadopsi teknologi RFID untuk memantau persediaan, atau meningkatkan pelatihan staf dalam proses pengelolaan persediaan.
  5. Laporan yang akurat: Pastikan laporan hasil stock opname yang akurat dan transparan. Laporan ini harus mencakup jumlah persediaan yang tercatat dalam sistem akuntansi perusahaan dan persediaan fisik yang ditemukan selama penghitungan fisik, penyebab perbedaan persediaan, dan rekomendasi untuk mencegah perbedaan persediaan di masa depan.

Dengan menerapkan prosedur yang tepat dan melakukan investigasi yang teliti, perbedaan persediaan obat dan ketidakcocokan data dapat diatasi selama proses stock opname. Hal ini akan membantu meningkatkan akurasi laporan keuangan perusahaan dan memastikan persediaan obat yang tepat dan cukup tersedia untuk pasien yang membutuhkan. Kami Menyediakan Jasa Stock Opname untuk Kebutuhan Rumah sakit ataupun apotek

Bagikan ke

Mengatasi Perbedaan Persediaan Obat dan Ketidakcocokan Data: Tips dalam Proses Stock Opname Rumah Sakit Atau Apotek

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mengatasi Perbedaan Persediaan Obat dan Ketidakcocokan Data: Tips dalam Proses Stock Opname Rumah Sakit Atau Apotek

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: