Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Pengertian Stock Opname

Pengertian Stock Opname

Diposting pada 8 June 2022 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 398 kali / Kategori:

Pernahkah kalian berfikir, bagaimana cara menghitung barang di gudang dalam setiap perusahaan yang jumlahnya tidak hanya 1 atau 2 barang? apakah atasannya tahu apakah barang yang ada di gudang sesuai dengan data yang mereka miliki? apakah mereka tahu bahwa barang yang mereka miliki hilang atau rusak? nah, Stock Opname jawabannya. Sebenarnya, apasih Stock Opname itu? penting gak sih? simak penjelasannya!

PENGERTIAN STOCK OPNAME

Stock Opname adalah kegiatan wajib yang dilakukan setiap perusahaan. Biasanya dilakukan dalam periode tertentu yang berkaitan dengan pengecekan barang persediaan yang ada di gudang. kegiatan Stock Opname ini sangat menguras waktu karena dibutuhkan keuletan, konsentrasi, dan kecepatan agar tidak ada barang yang terlewat dari proses stock opname ini.

KENAPA HARUS DILAKUKAN STOCK OPNAME?

kegiatan Stock Opname wajib dilakukan oleh setiap perusahaan karena untuk meminimalisir sebab kerugian perusahaan. selain itu, proses stock opname juga membuat perusahaan tahu jumlah barang (jumlah fisik) yang sebenarnya ada di gudang,  juga mengetahui barang yang rusak/hilang, serta mengetahui hal apa yang membuat selisih antara data tertulis dengan data fisik.

MANFAAT MELAKUKAN STOCK OPNAME

Masing-masing perusahaan memiliki sistem operasi stock opname yang berbeda-beda. umumnya periode yang dilakukan untuk melakukan stock opname beriksar 3 bulan/4 bulan atau bahkan periode tahunan. Walaupun begitu, stock opname mempunyai manfaat yang sama. apa saja manfaat stock opname bagi perusahaan?

  1. meminimalisir resiko yang ada. entah barang lebih atau kurang
  2. bisa ditindak lanjuti secara efesien jika ada barang yang kurang atau lebih
  3. dapat mengetahui barang masuk dan keluar secara pasti
  4. mengetahui jumlah barang yang sebenarnya dimiliki
  5. dapat menjadi pembanding untuk tahun-tahun berikutnya agar perusahaan dapat membuat analisis, sehingga tahu perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun

Walaupun sebagian orang sudah tau betapa pentingnya melakukan stock opname, sebagian besar lainnya justru abai dan tidak memperdulikan resiko yang ada. atau bahkan, ada juga perusahaan yang ingin melakukan proses stock opname, tetapi tidak tahu bagaimana caranya?

Pengertian Stock Opname Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian stock opname menurut para ahli:

  1. Menurut Rachmadi Usman dalam bukunya yang berjudul “Akuntansi Keuangan Menengah I” (2013), stock opname adalah kegiatan menghitung persediaan barang secara fisik yang dilakukan untuk mengetahui jumlah persediaan barang yang sesuai dengan catatan akuntansi.
  2. Menurut Soemarso SR dalam bukunya yang berjudul “Akuntansi Suatu Pengantar” (2012), stock opname adalah kegiatan menghitung fisik stok barang dagangan pada suatu waktu tertentu untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia di gudang atau toko pada saat itu.
  3. Menurut Mulyadi dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Akuntansi” (2015), stock opname adalah kegiatan menghitung persediaan barang secara fisik dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai jumlah barang yang benar-benar ada.

Secara umum, para ahli mendefinisikan stock opname sebagai kegiatan menghitung persediaan barang secara fisik dengan tujuan untuk mengetahui jumlah barang yang benar-benar ada. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah jumlah barang yang tercatat di sistem persediaan sesuai dengan jumlah barang yang ada di toko, gudang, atau tempat penyimpanan lainnya.

tenang saja, zaman sekarang perusahaan yang bergerak dalam jasa stock opname sudah mudah dijumpai di setiap daerah. jadi, untuk perusahaan kecil yang ingin melakukan kegiatan stock opname, dimudahkan dengan adanya jasa tersebut. jadi, jangan lupa untuk melakukan stock opname untuk perkembangan perusahaan Anda ya!

 

Tags: ,

Bagikan ke

Pengertian Stock Opname

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pengertian Stock Opname

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: