Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Perbedaan NFC dan RFID: Memahami Teknologi Nirkabel yang Berbeda

Perbedaan NFC dan RFID: Memahami Teknologi Nirkabel yang Berbeda

Diposting pada 5 April 2024 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 26 kali / Kategori:

NFC (Near Field Communication) dan RFID (Radio Frequency Identification) adalah teknologi nirkabel yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, yaitu memungkinkan komunikasi nirkabel jarak pendek, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Memahami perbedaan ini sangat penting untuk memilih teknologi yang tepat untuk aplikasi tertentu.

Apa itu NFC?

NFC adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang beroperasi pada frekuensi 13,56 MHz. NFC memungkinkan komunikasi dua arah antara perangkat yang kompatibel dengan NFC yang berada dalam jarak dekat, biasanya tidak lebih dari beberapa sentimeter. NFC sering digunakan dalam pembayaran mobile, pertukaran data, dan kontrol akses.

Apa itu RFID?

RFID adalah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak objek secara nirkabel. Sistem RFID terdiri dari tag RFID, yang merupakan transponder kecil yang berisi informasi unik, dan pembaca RFID, yang memancarkan gelombang radio untuk membaca informasi dari tag RFID. RFID tersedia dalam berbagai frekuensi, termasuk frekuensi rendah (LF), frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi ultra-tinggi (UHF). RFID banyak digunakan dalam manajemen inventaris, manajemen rantai pasokan, dan pelacakan aset.

Produk Kami : 

LABEL UHF RFID T5017

EAS UHF RFID CI – C910

Perbedaan Utama antara NFC dan RFID

Berikut adalah perbedaan utama antara NFC dan RFID:

  • Jangkauan Operasional: NFC memiliki jangkauan operasi yang sangat pendek, biasanya tidak lebih dari beberapa sentimeter. RFID, di sisi lain, dapat beroperasi pada jarak yang lebih jauh, mulai dari beberapa sentimeter hingga beberapa meter tergantung pada frekuensinya.
  • Komunikasi Dua Arah: NFC mendukung komunikasi dua arah, artinya dua perangkat yang kompatibel NFC dapat bertukar data. RFID, di sisi lain, biasanya hanya mendukung komunikasi satu arah, artinya pembaca RFID dapat membaca informasi dari tag RFID, tetapi tag RFID tidak dapat membaca informasi dari pembaca RFID.
  • Keamanan: NFC umumnya dianggap lebih aman daripada RFID karena jangkauannya yang pendek. Keamanan NFC dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan fitur enkripsi dan otentikasi. RFID, di sisi lain, dapat lebih rentan penyadapan karena jangkauannya yang lebih panjang.
  • Biaya: Tag NFC umumnya lebih mahal daripada tag RFID karena sirkuit terintegrasi yang lebih canggih. Pembaca NFC juga bisa lebih mahal daripada pembaca RFID.

Aplikasi Umum NFC dan RFID

NFC memiliki berbagai aplikasi, diantaranya

  • Pembayaran Mobile: NFC banyak digunakan dalam sistem pembayaran mobile, seperti Apple Pay dan Google Pay. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran nirsentuh dengan mengetuk ponsel cerdas mereka di terminal pembayaran.
  • Peer-to-Peer Data Exchange: NFC dapat digunakan untuk bertukar data secara instan antara dua perangkat, seperti berbagi kontak, foto, atau tautan web.
  • Kontrol Akses: NFC dapat digunakan pada kartu akses untuk memberikan akses ke gedung, sarana transportasi dan acara-acara tertentu.

RFID juga memiliki berbagai aplikasi, termasuk:

  • Manajemen Rantai Pasokan: RFID digunakan untuk melacak pergerakan barang melalui rantai pasokan. Ini membantu meningkatkan visibilitas inventaris and meminimalkan risiko kehilangan.
  • Pelacakan Aset: RFID dapat digunakan untuk melacak lokasi dan status aset fisik, seperti peralatan, kendaraan, atau kontainer.
  • Tiket Nirsentuh: RFID digunakan dalam sistem tiket nirsentuh untuk transportasi umum, taman hiburan, dan acara lainnya.

Memilih Teknologi yang Tepat

Saat memilih antara NFC dan RFID, penting untuk mempertimbangkan persyaratan khusus aplikasi Anda. NFC umumnya opsi yang lebih baik untuk aplikasi yang memerlukan komunikasi dua arah jarak pendek yang aman. RFID adalah pilihan yang lebih baik untuk aplikasi yang membutuhkan jangkauan operasi yang lebih besar dan tidak memerlukan komunikasi dua arah.

Bagikan ke

Perbedaan NFC dan RFID: Memahami Teknologi Nirkabel yang Berbeda

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Perbedaan NFC dan RFID: Memahami Teknologi Nirkabel yang Berbeda

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: