Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Cara Menghitung Safety Stock untuk Mengoptimalkan Persediaan: Panduan Lengkap

Cara Menghitung Safety Stock untuk Mengoptimalkan Persediaan: Panduan Lengkap

Diposting pada 16 August 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 71 kali / Kategori:

Dalam dunia bisnis, terutama yang berhubungan dengan penyediaan barang atau produk, menjaga ketersediaan stok yang tepat adalah hal yang krusial. Salah satu konsep penting dalam mengelola persediaan adalah safety stock atau stok pengaman. Safety stock adalah jumlah stok tambahan yang dijaga di luar perkiraan permintaan normal untuk mengantisipasi fluktuasi tak terduga dalam permintaan pelanggan, keterlambatan pemasok, atau variasi lainnya yang dapat mempengaruhi aliran persediaan.

1. Apa Itu Safety Stock?

Safety stock adalah jumlah stok tambahan yang dijaga oleh perusahaan di luar perkiraan permintaan normal dan pasokan untuk menghadapi fluktuasi tak terduga dalam bisnis. Fungsi utama safety stock adalah melindungi bisnis dari risiko kehabisan stok akibat perubahan permintaan yang tiba-tiba atau keterlambatan dalam pasokan.

2. Perbedaan Safety Stock dengan Reorder Point

Reorder point adalah titik di mana bisnis harus memesan lebih banyak stok agar persediaan tidak habis sebelum pemesanan tiba. Sedangkan safety stock adalah stok ekstra yang dijaga di atas reorder point untuk mengantisipasi fluktuasi dan ketidakpastian dalam permintaan dan pasokan.

3. Mengapa Safety Stock Penting Dalam Manajemen Persediaan?

Safety stock memiliki peran penting dalam manajemen persediaan karena:

  • Ketidakpastian Permintaan: Fluktuasi dalam permintaan pelanggan sulit diprediksi. Safety stock membantu mengatasi lonjakan permintaan yang tiba-tiba.
  • Keterlambatan Pasokan: Jika pemasok mengalami keterlambatan, safety stock menghindarkan kehabisan stok selama periode tersebut.
  • Variabilitas Produksi: Jika produksi memiliki variasi yang tinggi, safety stock membantu mengimbangi ketidakpastian ini.
  • Perubahan Tren Pasar: Perubahan tren pasar dapat memengaruhi permintaan. Safety stock membantu bisnis beradaptasi tanpa kehilangan pelanggan.

4. Beberapa Cara dan Contoh Dalam Menghitung Safety Stock

4.1 1. Rumus Safety Stock Dasar

Rumus sederhana untuk menghitung safety stock adalah: Safety Stock = (Deviasi Standar Permintaan) x (Tingkat Layanan) x (Akar Kuadrat Lead Time)

4.2 2. Persediaan Cadangan Tetap

Pendekatan ini melibatkan menentukan jumlah persediaan tambahan yang akan dijaga di semua kondisi. Misalnya, bisnis mungkin memutuskan untuk selalu menjaga 100 unit stok tambahan.

4.3 3. Rumus Heizer dan Render

Rumus ini mempertimbangkan rata-rata permintaan, deviasi standar permintaan, dan tingkat layanan yang diinginkan untuk menghitung safety stock yang optimal.

4.4 4. Perhitungan Berbasis Waktu

Dalam metode ini, safety stock dihitung berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan stok tambahan jika diperlukan.

4.5 5. Metode Greasley

Metode ini mempertimbangkan variabilitas permintaan, lead time pemasok, dan tingkat layanan yang diinginkan untuk menghitung safety stock.

4.6 6. Persediaan Cadangan Dengan EOQ (Economic Order Quantity)

Metode ini mengintegrasikan safety stock dengan jumlah pemesanan ekonomis untuk mengoptimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan.

5. Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang dinamis, safety stock menjadi elemen kunci dalam manajemen persediaan yang efektif. Melalui pemahaman tentang fluktuasi permintaan, keterlambatan pasokan, dan variabilitas produksi, perusahaan dapat menghitung safety stock dengan berbagai metode yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan melindungi bisnis dari risiko kehabisan stok dan menjaga kelancaran operasional, safety stock membantu bisnis tetap kompetitif dan responsif terhadap perubahan pasar.

Jasa Stock Opname

Bagikan ke

Cara Menghitung Safety Stock untuk Mengoptimalkan Persediaan: Panduan Lengkap

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Menghitung Safety Stock untuk Mengoptimalkan Persediaan: Panduan Lengkap

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: