Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

Diposting pada 3 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 155 kali / Kategori:

ERP consultant adalah seorang profesional yang bekerja dalam bidang pengelolaan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). ERP consultant bertanggung jawab untuk membantu perusahaan dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola sistem ERP. Tugas-tugas seorang ERP consultant meliputi:

  1. Analisis kebutuhan bisnis perusahaan dan rekomendasi solusi ERP yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
  2. Merancang dan mengkonfigurasi sistem ERP agar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
  3. Memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan mengenai penggunaan sistem ERP.
  4. Menyediakan dukungan teknis dan pemeliharaan sistem ERP setelah implementasi.

ERP consultant harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai aspek bisnis, termasuk manajemen keuangan, produksi, persediaan, dan pengiriman. Mereka juga harus memiliki kemampuan teknis yang kuat untuk mengkonfigurasi dan mengelola sistem ERP. ERP consultant dapat bekerja untuk perusahaan konsultan ERP atau sebagai karyawan internal dalam perusahaan yang menggunakan sistem ERP.

ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

Berapa gaji konsultan ERP?

Gaji seorang konsultan ERP dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti pengalaman, lokasi, jenis perusahaan, dan kompleksitas proyek. Namun, secara umum, gaji rata-rata seorang konsultan ERP di Indonesia berkisar antara 8 juta hingga 20 juta rupiah per bulan. Namun, gaji ini bisa jauh lebih tinggi tergantung pada pengalaman dan keahlian konsultan, serta permintaan pasar.

Apa tanggung jawab konsultan ERP?

Seorang konsultan ERP bertanggung jawab untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam mengimplementasikan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) atau memperbaiki sistem yang sudah ada. Tanggung jawab utama seorang konsultan ERP meliputi:

  1. Analisis bisnis: Konsultan ERP harus mampu memahami kebutuhan bisnis dan proses operasional klien mereka dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau diotomatisasi melalui penggunaan sistem ERP.
  2. Perencanaan proyek: Konsultan ERP harus merencanakan dan mengelola proyek implementasi sistem ERP mulai dari tahap awal hingga akhir. Hal ini meliputi membuat jadwal proyek, mengalokasikan sumber daya, mengkoordinasikan dengan berbagai departemen, dan memastikan proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.
  3. Pemilihan dan integrasi sistem: Konsultan ERP harus membantu organisasi dalam memilih sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan melakukan integrasi sistem ERP dengan aplikasi bisnis dan sistem lain yang sudah ada.
  4. Pelatihan: Konsultan ERP harus melatih pengguna baru dan staf organisasi tentang cara menggunakan sistem ERP, termasuk memberikan pelatihan tentang fungsi sistem dan pengaturan.
  5. Dukungan pasca-implementasi: Konsultan ERP harus memberikan dukungan teknis dan operasional kepada organisasi setelah implementasi sistem ERP selesai, termasuk membantu dalam penyelesaian masalah dan perbaikan.
  6. Konsultasi: Konsultan ERP harus memberikan saran dan rekomendasi kepada organisasi tentang bagaimana memanfaatkan sistem ERP untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Jenis- Jenis Konsultan ERP

Berikut adalah beberapa jenis konsultan ERP:

  1. Konsultan Implementasi ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk membantu organisasi dalam memilih, merancang, mengkonfigurasi, dan mengimplementasikan sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.
  2. Konsultan Pelatihan ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan kepada staf organisasi tentang cara menggunakan sistem ERP, termasuk memberikan pelatihan tentang fungsi sistem dan pengaturan.
  3. Konsultan Integrasi ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk membantu organisasi dalam mengintegrasikan sistem ERP dengan sistem bisnis dan aplikasi lain yang sudah ada dalam organisasi.
  4. Konsultan Keamanan ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk memastikan keamanan sistem ERP dan data yang diproses oleh sistem tersebut.
  5. Konsultan Manajemen Proyek ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola proyek implementasi sistem ERP dari awal hingga akhir, termasuk mengalokasikan sumber daya dan memastikan proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.
  6. Konsultan Optimasi ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi operasional dengan memanfaatkan sistem ERP secara optimal.
  7. Konsultan Analisis Bisnis ERP: Konsultan ini bertanggung jawab untuk memahami kebutuhan bisnis organisasi dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau diotomatisasi melalui penggunaan sistem ERP.

Syarat Menjadi Konsultan ERP

Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi konsultan ERP yang sukses:

  1. Pemahaman tentang sistem ERP: Seorang konsultan ERP harus memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem ERP dan fungsinya, serta fitur dan kelebihan dari berbagai sistem ERP yang ada.
  2. Pemahaman tentang proses bisnis: Konsultan ERP harus memahami proses bisnis yang berbeda dalam berbagai industri dan organisasi, dan mampu mengidentifikasi cara-cara di mana sistem ERP dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses bisnis tersebut.
  3. Analisis bisnis: Konsultan ERP harus dapat melakukan analisis bisnis yang efektif, termasuk memahami kebutuhan dan persyaratan bisnis klien, serta mengidentifikasi solusi sistem ERP yang sesuai.
  4. Pemecahan masalah: Konsultan ERP harus dapat memecahkan masalah secara kreatif dan cepat, baik pada tahap implementasi atau setelah implementasi sistem ERP.
  5. Komunikasi: Konsultan ERP harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk klien, pengguna, dan tim proyek.
  6. Manajemen proyek: Konsultan ERP harus memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik, termasuk merencanakan, mengelola, dan mengawasi proyek implementasi sistem ERP dari awal hingga akhir.
  7. Pelatihan: Konsultan ERP harus dapat memberikan pelatihan yang efektif tentang cara menggunakan sistem ERP kepada pengguna dan staf organisasi.
  8. Kerja tim: Konsultan ERP harus dapat bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, termasuk tim teknis, pengembang, dan manajer proyek.

8 Cara Memilih Konsultan ERP Yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih konsultan ERP yang tepat untuk organisasi Anda:

  1. Tinjau pengalaman konsultan: Pastikan konsultan telah memiliki pengalaman yang cukup dalam membantu organisasi dalam mengimplementasikan sistem ERP. Tinjau riwayat klien sebelumnya dan proyek yang sudah berhasil diselesaikan.
  2. Tinjau kompetensi dan kredensial konsultan: Pastikan konsultan memiliki sertifikasi dan kredensial yang relevan untuk membantu Anda memilih konsultan ERP yang kompeten dan berkualitas.
  3. Pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda: Pastikan konsultan memiliki pemahaman yang kuat tentang industri dan proses bisnis Anda, dan dapat membantu Anda memilih sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  4. Pertimbangkan ukuran organisasi Anda: Pastikan konsultan memiliki pengalaman dalam bekerja dengan organisasi seukuran atau lebih besar dari organisasi Anda, dan dapat membantu Anda memilih sistem ERP yang sesuai dengan skala bisnis Anda.
  5. Tinjau kemampuan komunikasi konsultan: Pastikan konsultan dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim Anda dan memahami kebutuhan dan tujuan Anda dengan jelas.
  6. Pertimbangkan biaya: Pastikan konsultan dapat memberikan layanan yang sesuai dengan anggaran Anda, dan hindari biaya yang tidak perlu.
  7. Tinjau dukungan pasca-implementasi: Pastikan konsultan dapat memberikan dukungan pasca-implementasi yang baik dan dapat membantu Anda mengatasi masalah yang muncul setelah implementasi sistem ERP.
  8. Pertimbangkan rekam jejak konsultan: Tinjau ulasan dan testimoni dari klien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan dan kinerja konsultan.

Tags:

Bagikan ke

ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ERP Consultant : Fungsi, Tanggung Jawab dan Skill Yang Dibutuhkan

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: