Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Laporan Stock Opname : Link Download, Contoh, dan Fungsinya

Laporan Stock Opname : Link Download, Contoh, dan Fungsinya

Diposting pada 26 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 328 kali / Kategori:

Laporan stock opname adalah laporan yang digunakan untuk memonitor dan memperbaharui persediaan barang di suatu tempat, seperti gudang, apotek, perpustakaan, dan toko. Dalam laporan ini, biasanya terdapat informasi tentang barang-barang yang masuk, keluar, dan sisa stok setelah proses opname dilakukan.

Proses opname sendiri adalah proses penghitungan stok barang secara fisik dengan data stok yang tercatat di sistem. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa stok barang yang tercatat di sistem sesuai dengan stok barang yang ada di tempat fisik. Proses ini biasanya dilakukan secara rutin untuk memastikan keakuratan informasi stok barang.

Laporan Stock Opname

Laporan Stock Opname

Contoh laporan stock opname dapat berupa tabel yang mencatat informasi tentang barang yang masuk, keluar, dan sisa stok. Berikut adalah contoh format tabel untuk laporan stock opname:

No. Nama Barang Stok Awal Barang Masuk Barang Keluar Sisa Stok Fisik Sisa Stok Sistem
1 Barang A 50 20 10 60 60
2 Barang B 30 15 20 25 25
3 Barang C 40 25 30 35 35
4 Barang D 20 10 5 25 25

Download File

Dalam tabel tersebut, terdapat kolom-kolom yang mencatat nomor urut barang, nama barang, jumlah stok awal, jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, sisa stok fisik, dan sisa stok sistem. Jasa Stock Opname Gudang

Dalam laporan stock opname, penting untuk mencatat semua informasi dengan akurat dan sesuai dengan kondisi fisik barang. Hal ini akan membantu pengelolaan stok barang yang lebih efektif dan dapat menghindari kesalahan dalam penghitungan stok barang. Laporan stock opname juga berguna untuk memastikan keberlangsungan bisnis yang baik dan dapat menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan persediaan barang.

Baca Juga : 

Kartu Stock Opname : Fungsi, Contoh, dan Manfaatnya

Cara membuat laporan stock opname dengan excel

Berikut ini adalah cara membuat laporan stock opname dengan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Siapkan file Excel baru dan buat tabel dengan kolom-kolom sebagai berikut:
    • Kode barang
    • Nama barang
    • Satuan
    • Stok fisik
    • Stok sistem
    • Selisih stok
    • Keterangan
  2. Isi tabel tersebut dengan data persediaan barang yang tercatat di sistem dan catatan pembelian dan penjualan barang.
  3. Lakukan stock opname dengan menghitung stok fisik secara manual dan catat hasilnya pada kolom “Stok fisik”.
  4. Hitung selisih stok dengan membandingkan stok fisik dan stok sistem. Isi kolom “Selisih stok” dengan hasil pengurangan stok fisik dengan stok sistem.
  5. Berikan keterangan pada kolom “Keterangan” mengenai penyebab selisih stok, seperti kelebihan stok, kekurangan stok, atau rusak.
  6. Jumlahkan selisih stok untuk mendapatkan total selisih stok. Jika total selisih stok adalah negatif, artinya terdapat kekurangan stok. Jika total selisih stok adalah positif, artinya terdapat kelebihan stok.
  7. Tambahkan grafik untuk memvisualisasikan hasil opname secara lebih jelas. Gunakan grafik kolom atau grafik batang untuk membandingkan stok fisik dan stok sistem.
  8. Buat kesimpulan dari hasil opname dan berikan rekomendasi mengenai tindakan yang perlu diambil untuk memperbaiki kekurangan atau kelebihan stok.
  9. Simpan file Excel dengan nama yang jelas dan mudah dikenali untuk memudahkan pencarian di kemudian hari.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat laporan stock opname dengan mudah menggunakan Microsoft Excel. Pastikan untuk mengisi data dengan akurat dan mencatat semua informasi yang diperlukan untuk memudahkan pengelolaan persediaan barang di kemudian hari.

PROMO STOCK OPNAME

PROMO STOCK OPNAME

Tags:

Bagikan ke

Laporan Stock Opname : Link Download, Contoh, dan Fungsinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Laporan Stock Opname : Link Download, Contoh, dan Fungsinya

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: