Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Odoo : ERP, CRM, Review, Harga, Developer All Need

Odoo : ERP, CRM, Review, Harga, Developer All Need

Diposting pada 31 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 174 kali / Kategori:

Odoo, sebuah perangkat lunak manajemen bisnis yang terintegrasi, telah menjadi solusi yang populer bagi banyak perusahaan dalam mengelola berbagai aspek bisnis mereka. Dari manajemen inventaris hingga keuangan, Odoo menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang apa itu Odoo dan mengapa begitu banyak perusahaan yang memilihnya sebagai solusi mereka.

Apa Itu ERP Odoo?

Odoo ERP adalah salah satu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang populer dan open-source sama seperti ERPNext. ERP adalah jenis perangkat lunak yang membantu organisasi dalam mengelola dan mengintegrasikan berbagai aspek bisnis seperti manajemen produksi, manajemen persediaan, akuntansi, penjualan, dan pemasaran dalam satu sistem yang terpadu.

Odoo dapat digunakan oleh berbagai jenis organisasi, termasuk perusahaan kecil, menengah, dan besar. Dengan Odoo, organisasi dapat mempercepat proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan kinerja bisnis secara keseluruhan. Odoo juga memiliki banyak fitur tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tertentu, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen proyek, manajemen gudang, dan banyak lagi.

Apa itu Modul CRM Odoo?

CRM (Customer Relationship Management) pada Odoo adalah modul perangkat lunak ERP yang dirancang untuk membantu organisasi dalam mengelola interaksi dengan pelanggan mereka. Dalam Odoo, modul CRM meliputi sejumlah fitur seperti manajemen kontak, manajemen penjualan, manajemen peluang, dan manajemen pemasaran.

Dengan modul CRM Odoo, organisasi dapat melacak dan mengelola semua interaksi dengan pelanggan mereka dalam satu sistem terpadu. Dari awal proses penjualan hingga pelanggan menjadi pelanggan tetap, Odoo CRM memungkinkan organisasi untuk mengelola proses secara efektif dan efisien.

Beberapa fitur penting yang tersedia di Odoo CRM adalah:

  1. Manajemen Kontak: Pelacakan kontak pelanggan dan potensial pelanggan dengan data kontak dan catatan sejarah interaksi.
  2. Manajemen Penjualan: Melacak proses penjualan dari prospek hingga penutupan dan kontrak.
  3. Manajemen Peluang: Melacak prospek bisnis dan kemudian mengubahnya menjadi peluang penjualan.
  4. Manajemen Pemasaran: Melakukan kampanye pemasaran dan melacak kinerja kampanye dengan analitik yang disediakan oleh Odoo.

Cara Login pada ERP Odoo

Berikut adalah cara untuk login ke ERP Odoo:

  1. Buka browser web dan masukkan alamat website Odoo.
  2. Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) Anda pada halaman login.
  3. Pilih database (basis data) yang ingin Anda akses. Jika ini adalah pertama kalinya Anda login, database default akan dipilih secara otomatis.
  4. Setelah memilih database, klik tombol Login.
  5. Anda akan diarahkan ke dashboard Odoo, di mana Anda dapat memulai bekerja dengan modul-modul Odoo yang tersedia.
  6. Jika Anda memiliki beberapa database yang terhubung dengan akun Anda, Anda dapat beralih dari satu database ke database lain dengan mengeklik tombol menu yang terletak di sudut kiri atas layar dan memilih database yang ingin Anda akses.
  7. Setelah selesai menggunakan Odoo, pastikan untuk logout dengan mengklik nama Anda di sudut kanan atas layar dan memilih Logout. Ini akan memastikan keamanan akses Anda ke database Odoo.

Setelah Anda berhasil login ke ERP Odoo, Anda dapat memulai bekerja dengan modul-modul Odoo yang tersedia. Berikut adalah beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan setelah login:

  1. Mengelola Kontak: Modul CRM dapat digunakan untuk mengelola kontak pelanggan dan potensial pelanggan Anda. Anda dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus kontak, serta melihat sejarah interaksi dengan pelanggan.
  2. Mengelola Penjualan: Modul Penjualan digunakan untuk mengelola proses penjualan, mulai dari membuat kutipan hingga mengirimkan faktur. Anda dapat melacak status penjualan dan memantau hasil penjualan.
  3. Mengelola Persediaan: Modul Persediaan digunakan untuk mengelola inventaris barang Anda. Anda dapat melacak stok barang, membuat pesanan pembelian, dan mengirimkan pesanan kepada pelanggan.
  4. Mengelola Keuangan: Modul Akuntansi digunakan untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Anda dapat membuat laporan keuangan, mengelola faktur dan pembayaran, serta memantau arus kas.
  5. Mengelola Proyek: Modul Proyek digunakan untuk mengelola proyek bisnis Anda. Anda dapat membuat tugas, mengalokasikan sumber daya, dan melacak kemajuan proyek.
  6. Mengelola Sumber Daya Manusia: Modul Sumber Daya Manusia digunakan untuk mengelola data karyawan, gaji, dan manajemen kinerja.
  7. Menyesuaikan Odoo: Anda dapat menyesuaikan Odoo sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dengan menambahkan modul tambahan, mengedit tata letak halaman, dan mengkonfigurasi preferensi.

Setelah mengelola Odoo, jangan lupa untuk memperbarui dan mengelola akses pengguna ke Odoo. Hal ini dapat dilakukan melalui Modul Pengguna dan Kelompok di menu Pengaturan. Anda juga dapat mengimpor dan mengekspor data Odoo melalui menu Impor/ Ekspor pada toolbar atas.

pop up erpnext

pop up erpnext

Harga ERP Odoo Berdasarkan Paket

Berikut adalah ringkasan harga ERP Odoo:

  1. Odoo Online Gratis: Gratis untuk satu aplikasi, pengguna tanpa batas.
  2. Odoo Online Standard: Mulai dari $7,25 / pengguna / bulan, termasuk akses ke semua aplikasi Odoo, hosting, dan pembaruan.
  3. Odoo Online Custom: Mulai dari $10,90 / pengguna / bulan, termasuk akses ke semua aplikasi Odoo, hosting, pembaruan, dan akses ke Odoo Studio dan API eksternal. Tersedia untuk hosting di Odoo Online, Odoo.sh, atau on-premise.
  4. Odoo Studio: Mulai dari $12 / bulan, memberikan akses ke fitur Odoo Studio untuk membuat modul tambahan dan menyesuaikan Odoo.

Perlu diingat bahwa harga dapat bervariasi tergantung pada jumlah pengguna dan fitur yang dipilih. Selain itu, jika Anda memilih untuk host di Odoo Online atau Odoo.sh, ada biaya tambahan yang berkaitan dengan konfigurasi dan migrasi data.

Download ERP Odoo Free

Odoo menyediakan versi Community Edition yang dapat diunduh secara gratis dan sumber terbuka (open source) dari situs web mereka. Namun, versi ini memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan dengan versi Enterprise Edition yang berbayar dan hanya tersedia untuk penggunaan internal.

Jika Anda ingin menggunakan fitur-fitur tambahan seperti dukungan teknis, pembaruan, dan akses ke seluruh modul aplikasi Odoo, maka Anda harus membeli lisensi untuk Odoo Enterprise Edition. Harga untuk lisensi Enterprise Edition bervariasi tergantung pada jumlah pengguna dan fitur yang dipilih. Selain itu, Odoo juga menyediakan opsi hosting cloud yang memungkinkan Anda menggunakan Odoo tanpa perlu mengunduh atau menginstalnya di server Anda sendiri. Opsi ini memerlukan biaya berlangganan berdasarkan jumlah pengguna dan fitur yang digunakan.

Download 

Odoo Indonesia

ERP Odoo dapat digunakan di Indonesia. ERP Odoo telah digunakan secara luas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, untuk membantu bisnis dalam mengelola dan mengintegrasikan operasi mereka. Odoo juga menawarkan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di Indonesia, seperti modul akuntansi yang mendukung standar akuntansi Indonesia, integrasi dengan bank lokal, dan modul pajak yang memudahkan pengelolaan pajak sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, Odoo juga menyediakan dukungan untuk bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dalam bahasa yang familiar dan memahami terminologi yang digunakan dalam bisnis di Indonesia.

Dengan demikian, ERP Odoo dapat menjadi pilihan yang baik untuk bisnis di Indonesia yang mencari solusi ERP yang efektif, efisien, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka. Namun, sebelum mengimplementasikan Odoo, disarankan untuk melakukan evaluasi kebutuhan bisnis dan memilih partner implementasi yang berpengalaman untuk memastikan implementasi Odoo yang sukses dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tags:

Bagikan ke

Odoo : ERP, CRM, Review, Harga, Developer All Need

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Odoo : ERP, CRM, Review, Harga, Developer All Need

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: