Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » Aplikasi ERP Terbaik Di Indonesia 2023

Aplikasi ERP Terbaik Di Indonesia 2023

Diposting pada 6 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 201 kali / Kategori:

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak bisnis yang memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai aspek bisnis mereka, termasuk manajemen persediaan, keuangan, produksi, penjualan, proyek, aset, gudang, pembelian, tenaga kerja, dan lain-lain, menjadi satu sistem terintegrasi.

Di Indonesia, aplikasi ERP sangat penting dalam membantu organisasi mengoptimalkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pengambilan keputusan melalui analisis data real-time. Dengan adopsi teknologi yang semakin pesat dan perkembangan bisnis yang semakin dinamis, kebutuhan akan aplikasi ERP semakin meningkat di Indonesia.

Aplikasi ERP di Indonesia tersedia dari berbagai penyedia, baik lokal maupun internasional, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Beberapa aplikasi ERP yang populer di Indonesia antara lain SAP, Oracle, Microsoft Dynamics, dan yang semakin berkembang seperti Odoo dan ERPNext.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi ERP di Indonesia adalah membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat dan real-time, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang lebih baik.

Namun, adopsi aplikasi ERP di Indonesia juga memiliki tantangan yang perlu diatasi, seperti biaya implementasi yang mahal, kesulitan dalam integrasi dengan sistem yang sudah ada, dan perubahan budaya dan proses bisnis yang harus diadopsi oleh organisasi untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan aplikasi ERP. Oleh karena itu, pemilihan dan implementasi aplikasi ERP harus dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan semua aspek yang relevan untuk memastikan keberhasilan penggunaannya.

Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Di Indonesia

ERPNext adalah perangkat lunak open-source Enterprise Resource Planning (ERP) yang menyediakan solusi bisnis end-to-end untuk berbagai industri. ERPNext dirancang untuk membantu organisasi mengelola proses bisnis mereka dengan efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan pengambilan keputusan melalui analisis data real-time.

Fitur-fitur utama dari ERPNext mencakup manajemen persediaan, manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen penjualan, manajemen proyek, manajemen aset, manajemen gudang, manajemen pembelian, manajemen tenaga kerja, dan analisis data. ERPNext juga menyediakan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, seperti platform e-commerce dan aplikasi kolaborasi, seperti Slack dan WhatsApp.

erpnext mtm

erpnext mtm

Berikut adalah beberapa fitur utama dari ERPNext:

  1. Manajemen persediaan yang lengkap: ERPNext menyediakan fitur manajemen persediaan yang lengkap, termasuk manajemen stok, manajemen produksi, dan manajemen pembelian.
  2. Manajemen keuangan yang terintegrasi: ERPNext menyediakan modul keuangan terintegrasi yang mencakup akuntansi, perbankan, dan manajemen pajak.
  3. Manajemen produksi yang efisien: ERPNext menyediakan modul produksi yang membantu organisasi mengoptimalkan proses produksi dan meningkatkan efisiensi.
  4. Manajemen penjualan yang terpadu: ERPNext menyediakan modul penjualan yang terintegrasi dengan manajemen persediaan dan keuangan untuk membantu organisasi mengelola penjualan dengan lebih efisien.
  5. Manajemen proyek yang komprehensif: ERPNext menyediakan modul proyek yang lengkap, termasuk manajemen anggaran, tugas, dan waktu.
  6. Analisis data real-time: ERPNext menyediakan fitur analisis data real-time yang membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia.

Ada beberapa alasan mengapa memilih ERPNext untuk solusi ERP organisasi, antara lain:

  1. Open-source: ERPNext adalah perangkat lunak open-source yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.
  2. Terintegrasi: ERPNext menyediakan solusi end-to-end yang terintegrasi dengan modul bisnis yang berbeda.
  3. User-friendly: ERPNext menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan dapat diakses melalui web.
  4. Biaya yang terjangkau: ERPNext menyediakan solusi ERP yang terjangkau dibandingkan dengan solusi ERP komersial lainnya.
  5. Dukungan komunitas: ERPNext didukung oleh komunitas pengembang yang aktif, sehingga memastikan adanya dukungan dan pengembangan sistem secara terus-menerus.
  • HashMicro ERP

HashMicro adalah perusahaan pengembang perangkat lunak (software) yang berbasis di Singapura dan memiliki kantor di beberapa negara termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, dan India. Salah satu produk utama yang ditawarkan oleh HashMicro adalah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang disebut HashMicro ERP.

HashMicro ERP adalah sistem ERP yang terintegrasi dan menyediakan solusi bisnis end-to-end untuk berbagai industri, termasuk ritel, manufaktur, distribusi, dan layanan. Sistem ini dirancang untuk membantu organisasi mengoptimalkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pengambilan keputusan melalui analisis data real-time.

hasmicro

hasmicro

Fitur utama dari HashMicro ERP mencakup manajemen persediaan, manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen penjualan, manajemen proyek, manajemen aset, manajemen gudang, manajemen pembelian, manajemen tenaga kerja, dan analisis data. Sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lain dan sistem pihak ketiga untuk memastikan kesesuaian dan keterhubungan dengan sistem yang sudah ada.

HashMicro ERP juga didukung oleh tim dukungan teknis yang berpengalaman dan terlatih, dan memberikan pelatihan dan dukungan purna jual kepada pelanggan untuk memastikan keberhasilan implementasi dan penggunaan sistem.

  • SAP Business One

SAP Business One sebagai solusi perangkat lunak manajemen bisnis yang dirancang untuk membantu UKM atau anak perusahaan dalam mengelola proses bisnis mereka dengan lebih efisien. Solusi ini memiliki berbagai fitur yang mencakup manajemen akuntansi dan keuangan, CRM, manajemen produksi dan gudang, pembelian dan pengadaan, serta analisa dan pelaporan.

Salah satu keunggulan SAP Business One adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan informasi bisnis dari berbagai sumber ke dalam satu sistem yang scalable. Selain itu, solusi ini juga dilengkapi dengan alat intelijen bisnis terintegrasi yang dapat memberikan jawaban untuk pertanyaan paling mendesak dalam waktu nyata. Aplikasi seluler yang intuitif juga memudahkan karyawan untuk mengakses informasi bisnis saat berpergian.

SAP Business One juga dapat dipasang secara on-premise atau di cloud dalam waktu 2 hingga 8 minggu. Fitur-fitur lainnya mencakup manajemen akuntansi dan keuangan yang dapat mempercepat pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan data akuntansi, penjualan, dan pembelian. CRM terintegrasi dapat membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan, sedangkan manajemen produksi dan gudang dapat membantu dalam mengoptimalkan level inventaris dan meningkatkan pengiriman tepat waktu.

Solusi pembelian dan pengadaan SAP Business One juga dapat membantu dalam menghemat biaya dengan mengoptimalkan seluruh proses pembelian mulai dari perencanaan dan pembuatan pesanan hingga pemilihan vendor, penagihan, dan pembayaran. Analisa dan pelaporan yang intuitif juga dapat memberikan wawasan bisnis yang berharga dalam membantu para pembuat keputusan dalam mendefinisikan dan fokus pada prioritas yang tepat.

SAP Business One versi untuk SAP HANA juga memberikan solusi terintegrasi yang memungkinkan organisasi global dan yang sedang berkembang untuk mengintegrasikan proses bisnis mereka dengan kantor pusat perusahaan, mitra, atau aplikasi dan layanan lainnya. Dengan solusi ini, perusahaan dapat meningkatkan kinerja semua proses bisnis utama mereka secara terukur.

Secara keseluruhan, SAP Business One adalah solusi perangkat lunak manajemen bisnis yang dapat membantu UKM atau anak perusahaan dalam mengelola proses bisnis mereka dengan lebih efisien dan efektif. Solusi ini memiliki fitur-fitur yang komprehensif dan terintegrasi, sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja bisnis mereka dan mencapai keuntungan yang lebih besar.

  • Deskera ERP

Deskera ERP adalah sebuah perangkat lunak manajemen bisnis yang terintegrasi secara penuh, patuh, dan cepat diterapkan, yang dirancang khusus untuk bisnis skala menengah dan sedang berkembang. Keunikan dari Deskera ERP terletak pada beberapa fitur pentingnya, seperti integrasi yang sempurna untuk semua departemen bisnis, kompatibilitas dengan peraturan perpajakan terkini, dan kemampuan untuk meningkatkan visibilitas operasional di seluruh perusahaan.

Dengan Deskera ERP, organisasi dapat memastikan bahwa semua departemen mereka memiliki akses tanpa batas ke data yang sama, sehingga mengurangi redundansi data dan meningkatkan kolaborasi antar departemen. Selain itu, dengan integrasi otomatisasi fungsi bisnis utama di semua departemen, termasuk akuntansi, penjualan, dukungan, proyek, penggajian, pembelian, inventaris, dan manufaktur, para karyawan tidak lagi harus memasukkan kembali data di sistem yang berbeda, memperbaiki data yang tidak konsisten atau tidak akurat, atau menunggu pembaruan batch.

Deskera ERP juga memungkinkan organisasi untuk tetap up-to-date dengan kewajiban kepatuhan mereka, dengan rekonsiliasi akun mereka sambil menantikan pengajuan pajak tanpa kerumitan. Selain itu, dengan dasbor yang disesuaikan dan laporan yang akurat dan cepat, pengambil keputusan dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan data terbaru dan pemberitahuan yang penting.

Secara keseluruhan, Deskera ERP adalah solusi manajemen bisnis yang terintegrasi, patuh, dan cepat diterapkan yang dapat membantu organisasi meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya kepemilikan, meningkatkan ROI, dan memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan data terbaru dan pemberitahuan yang penting.

  • Zoho ERP

Zoho ERP adalah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat disesuaikan dan dirancang khusus untuk mengintegrasikan, mengotomatisasi, dan mengubah operasi bisnis. Berbeda dengan software ERP monolitik tradisional yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk implementasi dan penyesuaian, Zoho ERP menyediakan platform low-code yang memungkinkan bisnis untuk membangun, mengelola, dan mengotomatisasi sistem ERP mereka dengan cepat dan biaya yang lebih rendah.

Sistem ERP tradisional memiliki tingkat kegagalan yang tinggi sekitar 75%, yang terutama disebabkan oleh biaya implementasi yang semakin meningkat, bias internal dari vendor ERP dan integrator sistem, persyaratan penyesuaian yang kompleks, dan kualitas data yang buruk. Zoho ERP mengatasi masalah ini dengan menyediakan platform yang memprioritaskan otomatisasi, mencerminkan operasi unik setiap bisnis, memiliki kebutuhan pemeliharaan yang lebih rendah, dan memiliki proses migrasi data yang lancar.

Zoho Creator, platform low-code yang mencakup editor alur kerja visual yang canggih, memungkinkan bisnis untuk membangun sistem ERP yang disesuaikan dan terintegrasi dengan sistem yang sudah ada untuk mengoptimalkan proses mereka. Pendekatan bottom-up untuk pengembangan ERP memastikan bahwa sistem ERP mencerminkan proses bisnis dan budaya organisasi. Fitur otomatisasi alur kerja yang canggih membantu meningkatkan efisiensi, sementara kemampuan manajemen data perusahaan memastikan migrasi data dan transformasi yang mudah.

Secara keseluruhan, Zoho ERP menawarkan alternatif yang lebih baik untuk sistem ERP tradisional dengan menyediakan platform yang fleksibel, low-code yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang spesifik. Ini menyediakan cara yang lebih efektif dan efisien untuk mengelola operasi bisnis dan dapat meningkatkan kualitas data, mengotomatisasi alur kerja, dan mengurangi biaya pemeliharaan.

  • SAP Hana

SAP HANA Cloud adalah layanan basis data modern sebagai layanan (DBaaS) yang mendukung aplikasi cerdas generasi berikutnya dan analisis data di seluruh data perusahaan. Ini adalah dasar data berbasis cloud yang memodernisasi cara bisnis membuat keputusan dengan data real-time. Dengan basis data SAP HANA Cloud, bisnis dapat memperoleh wawasan yang dapat diandalkan dan siap digunakan dari satu solusi sambil memungkinkan keamanan, privasi, dan anonimitas dengan keandalan perusahaan yang terbukti.

SAP HANA Cloud menawarkan seperangkat kemampuan yang komprehensif untuk membangun dan menjalankan aplikasi data cerdas yang memanfaatkan ilmu data terintegrasi dan penyimpanan multi-tier yang terintegrasi, bersama dengan pemrosesan multi-model yang cerdas, keamanan data tingkat perusahaan, dan virtualisasi data. Fitur utama SAP HANA Cloud mencakup pemrosesan multi-model cerdas, penyimpanan multi-tier terintegrasi, administrasi basis data, aplikasi data cerdas, dan keamanan data.

Aplikasi data cerdas adalah generasi berikutnya dari aplikasi yang belajar sendiri dan adaptif yang memanfaatkan kemampuan analitik dan operasional database yang terintegrasi untuk memberikan pengalaman baru. Aplikasi inovatif ini memanfaatkan algoritma bawaan untuk kemampuan seperti fungsi bisnis, pembelajaran mesin, pemrosesan graf, dan analisis spasial. Mereka membutuhkan data yang intensif, memerlukan kemampuan untuk memasukkan dan memproses data dalam format apa pun dari sumber mana pun, secara real-time saat kejadian terjadi, memungkinkan otomatisasi proses dan pengambilan keputusan bisnis ad-hoc pada data saat ini dan historis.

SAP HANA Cloud juga menawarkan pemrosesan multi-model cerdas, yang menyematkan ilmu data dan pembelajaran mesin untuk menyempurnakan proses bisnis dan menyatukan beberapa jenis data dalam satu database terintegrasi. Ini membantu memastikan kinerja tinggi dengan pemrosesan graf dan analitik geospasial. Selain itu, SAP HANA Cloud menyediakan penyimpanan multi-tier terintegrasi, yang mengoptimalkan kinerja, biaya, dan penyimpanan sambil memaksimalkan nilai dan aksesibilitas data untuk mengontrol data di cloud melalui data lake yang sangat skalabel yang dikombinasikan dengan ekstensi penyimpanan cakram native.

SAP HANA Cloud memungkinkan analisis lanjutan pada data transaksional secara real-time, langsung di memori, menggunakan satu instance data. Ini juga mendukung protokol keamanan standar industri seperti SAML, dan memiliki antarmuka yang didokumentasikan untuk memungkinkan integrasi dengan jaringan keamanan dan infrastruktur pusat data Anda, termasuk single sign-on, manajemen identitas, logging audit, alat kepatuhan, deteksi ancaman, dan pemeriksaan anti-virus. SAP HANA Cloud menyediakan manajemen identitas, manajemen akses, dan alat anonimitas data yang komprehensif untuk melindungi komunikasi, data.

  • NetSuite ERP

NetSuite ERP adalah solusi manajemen bisnis cloud all-in-one yang membantu organisasi mengotomatiskan proses inti dan menyediakan visibilitas real-time ke kinerja operasional dan keuangan mereka. Dengan satu paket aplikasi terintegrasi, NetSuite ERP memungkinkan perusahaan untuk mengelola akuntansi, pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, produksi, rantai pasokan, dan operasi gudang mereka dengan lebih efektif.

Manfaat NetSuite ERP mencakup pengotomatisan proses keuangan, peningkatan efisiensi dan produktivitas, visibilitas inventaris, optimalisasi rantai pasokan, manajemen pesanan yang lebih baik, serta peningkatan efisiensi gudang. NetSuite ERP juga memiliki berbagai fitur, seperti perangkat lunak akuntansi, manajemen keuangan, manajemen bisnis global, manajemen persediaan, manajemen pesanan, manajemen rantai persediaan, dan manajemen gudang.

Dengan NetSuite ERP, perusahaan dapat mengelola pertumbuhan mereka tanpa perlu mempekerjakan lebih banyak orang, karena solusi ini membantu mengotomatiskan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi. NetSuite ERP juga dapat digunakan di lebih dari 200 negara, mendukung lebih dari 27 bahasa dan 190 mata uang, dan dapat menangani bisnis global dengan mudah.

Secara keseluruhan, NetSuite ERP adalah solusi manajemen bisnis yang dapat membantu perusahaan mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memberikan visibilitas real-time ke kinerja operasional dan keuangan mereka.

  • Brightpearl

Brightpearl adalah sebuah sistem operasi ritel yang dirancang khusus untuk pedagang eceran dan grosir, serta merupakan sistem ERP ritel yang kuat. Berbeda dengan sistem ERP tradisional yang dirancang untuk memberikan fungsionalitas bagi berbagai industri, Brightpearl disesuaikan untuk industri ritel dan grosir, sehingga lebih efisien dan efektif untuk bisnis-bisnis ini. Brightpearl mengotomatisasi dan menyederhanakan semua operasi pasca-pembelian, termasuk manajemen persediaan, manajemen pesanan, gudang, pemenuhan pesanan, pembelian, akuntansi, BI ritel, dan lainnya. Selain itu, Brightpearl juga menyediakan integrasi Plug & Play yang sangat cepat dengan berbagai alat, aplikasi, dan platform pasar yang mendisrupsi, sehingga memungkinkan skalabilitas yang sangat tinggi. Brightpearl menghemat waktu dan memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan data, membantu bisnis mencapai tujuan pertumbuhan mereka. Beberapa manfaat kunci dari Brightpearl termasuk otomatisasi yang mudah, peramalan permintaan cerdas dan perencanaan persediaan, integrasi Plug & Play, dan implementasi cepat dengan layanan dan dukungan end-to-end. Brightpearl adalah mitra program Shopify Plus dan merupakan solusi ERP terbaik yang pernah diulas.

  • WorkWise ERP

WorkWise ERP adalah solusi perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) berbasis awan yang mencakup sekelompok aplikasi yang membantu organisasi manufaktur menjalankan operasi yang lebih lancar dan efisien. Sistem ini mendukung berbagai jenis manufaktur seperti make-to-order (MTO), engineer-to-order (ETO), configure-to-order (CTO), dan mixed-mode. Industri manufaktur utama yang dilayani oleh sistem ini adalah kendaraan industri, peralatan industri, peralatan pertanian, fabrikasi logam, peralatan makanan dan minuman, manufaktur elektronik, dan peralatan medis.

WorkWise ERP mengintegrasikan proses di seluruh bisnis ke dalam sistem manajemen pusat yang memberikan pengguna pandangan yang jelas dan komprehensif tentang semua aktivitas dan proyek yang sedang berjalan, mulai dari lantai pabrik manufaktur hingga pengiriman produk atau peralatan. Ini berarti bahwa pengguna WorkWise ERP dapat mengelola dan memantau proses end-to-end, memangkas biaya, menghilangkan bottleneck, dan mengoptimalkan efisiensi di seluruh tim dan departemen, membantu memastikan bahwa operasi manufaktur mereka tetap ramping dan sangat produktif.

WorkWise telah menciptakan solusi perangkat lunak ERP dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk produsen selama lebih dari 15 tahun, dan pada tahun 2020 mereka diakuisisi oleh perusahaan pengembangan perangkat lunak Aptean. Harap dicatat bahwa WorkWise ERP juga menggunakan nama Aptean Industrial Manufacturing ERP, WorkWise Edition.

Pengguna WorkWise ERP dapat memperoleh manfaat dari solusi ERP terintegrasi sepenuhnya yang dirancang untuk mengoptimalkan proses untuk berbagai sektor manufaktur vertikal. Produsen dapat memantau tugas dan persyaratan kerja termasuk estimasi dan penawaran, ramalan, perencanaan produksi, manajemen inventaris, dan pemasaran. Sistem ini menempatkan pengguna dalam posisi untuk mengembangkan bisnis mereka melalui analisis operasional mendalam, skalabilitas produksi, dan membantu memastikan proses di seluruh organisasi dapat berfungsi dengan lancar dan pada kapasitas produksi optimal.

WorkWise Industrial Manufacturing ERP, WorkWise Edition menampilkan modul dari atas ke bawah yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan efisiensi. Ada berbagai perencanaan manufaktur yang dilengkapi dengan perencanaan kebutuhan kapasitas (CRP), perencanaan kebutuhan material (MRP), dan kemampuan ramalan lanjutan. Aplikasi ini juga mencakup modul teknik yang komprehensif yang mencakup dukungan untuk daftar bahan (BOM), penjadwalan fleksibel, alat konfigurasi produk, dan integrasi dengan sistem desain berbantu komputer (CAD) sehingga pengguna dapat mengimpor rencana produksi terperinci. Pengguna juga dapat mengelola keuangan di seluruh bisnis dengan sistem akuntansi terintegrasi penuh yang secara otomatis menggabungkan data

 

Tags:

Bagikan ke

Aplikasi ERP Terbaik Di Indonesia 2023

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Aplikasi ERP Terbaik Di Indonesia 2023

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: