Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Sales
● online
Admin Sales
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Sales
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.30 s/d jam 17.00 , Sabtu setengah hari, Minggu & Hari Besar Tutup

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/u6914662/public_html/mtmsolusindo.com/wp-content/themes/lapax-per/header.php on line 180
Beranda » Blog » 4 Jenis Stock Opname Yang Perlu Anda Ketahui

4 Jenis Stock Opname Yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada 28 March 2023 oleh MTM SOLUSINDO / Dilihat: 222 kali / Kategori:

Jenis Stock Opname – Stock opname adalah sebuah proses penghitungan dan pengecekan persediaan barang pada suatu perusahaan atau bisnis ritel. Dalam stock opname, terdapat beberapa jenis metode yang dapat digunakan untuk menghitung stok barang, di antaranya adalah:

4 Jenis Stock Opname

  1. Metode fisik

Metode fisik adalah metode stock opname yang paling umum digunakan. Dalam metode ini, stok barang akan dihitung secara fisik dengan cara menghitung jumlah barang yang tersedia di dalam gudang atau ruang penyimpanan. Sebagai contoh, jika kita mengambil contoh perusahaan ritel seperti Alfamart, dalam stock opname mereka akan melakukan penghitungan stok secara langsung pada barang-barang seperti makanan, obat, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya yang tersedia di toko mereka.

  1. Metode perpetual

Metode perpetual merupakan metode stock opname yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi. Dalam metode ini, persediaan barang akan dihitung secara otomatis oleh sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan. Sebagai contoh, pada sebuah cafe, metode perpetual dapat digunakan untuk menghitung persediaan bahan makanan dan minuman secara otomatis dengan menggunakan perangkat lunak khusus seperti Excel.

  1. Metode periodik

Metode periodik adalah metode stock opname yang dilakukan secara berkala, biasanya dilakukan pada akhir periode atau bulan. Dalam metode ini, stok barang akan dihitung secara manual oleh staf atau pegawai perusahaan. Contoh dari penggunaan metode periodik dapat terlihat pada sebuah restoran sederhana, dimana stock opname dilakukan secara berkala pada akhir setiap bulan untuk menghitung persediaan bahan makanan dan minuman.

  1. Metode ABC

Metode ABC merupakan metode stock opname yang dilakukan dengan membagi barang menjadi tiga kelompok, yaitu A, B, dan C. Kelompok A adalah barang dengan nilai tinggi dan jumlah sedikit, kelompok B adalah barang dengan nilai menengah dan jumlah sedang, sedangkan kelompok C adalah barang dengan nilai rendah dan jumlah banyak. Metode ini digunakan untuk memprioritaskan penghitungan persediaan barang. Sebagai contoh, pada sebuah toko fixed asset atau gudang, metode ABC dapat digunakan untuk memprioritaskan penghitungan persediaan barang berdasarkan nilai barang dan jumlah barang yang ada.

Dalam melakukan stock opname, perusahaan ritel seperti Grand ataupun Alfamart, dapat memilih salah satu dari jenis metode di atas, tergantung dari kebutuhan dan kondisi perusahaan. Dalam memilih jenis metode, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah stok barang, jenis barang, dan sumber daya manusia yang tersedia untuk melakukan stock opname. Dengan melakukan stock opname secara rutin dan akurat, perusahaan dapat meminimalkan kerugian akibat kehilangan barang atau kelebihan persediaan. Kami menyediakan jasa stock opname jika anda memerlukan.

Alat Yang Diperlukan Untuk Stock Opname Secara Annual

Untuk melakukan stock opname, terdapat beberapa alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, di antaranya adalah:

  1. Daftar barang atau inventaris

Daftar barang atau inventaris harus disiapkan sebelum melakukan stock opname. Daftar ini berisi semua barang yang akan dihitung stoknya. Daftar barang ini bisa dalam bentuk manual atau digital, seperti file Excel.

  1. Alat hitung

Alat hitung seperti kalkulator atau mesin hitung harus disiapkan untuk memudahkan penghitungan stok barang. Anda juga bisa menggunakan aplikasi stock opname gratis untuk menghitungnya.

  1. Alat pengukur

Alat pengukur seperti timbangan, ukuran meter, atau pengukur volume harus disiapkan jika diperlukan untuk mengukur stok barang dengan akurat.

  1. Label dan penanda

Label dan penanda digunakan untuk membedakan dan menandai barang yang telah dihitung stoknya. Label dapat berupa stiker atau barcode yang dipasang pada setiap barang, sedangkan penanda dapat berupa spidol atau tape.

  1. Perlengkapan kantor

Perlengkapan kantor seperti pensil, kertas, dan penghapus harus disiapkan untuk mencatat hasil penghitungan stok barang dan membuat catatan jika terdapat selisih antara jumlah stok yang tercatat dengan jumlah stok yang sebenarnya.

  1. Sistem informasi

Jika perusahaan menggunakan metode perpetual, maka sistem informasi seperti perangkat lunak atau aplikasi khusus harus disiapkan untuk menghitung persediaan barang secara otomatis.

  1. Tim atau staf

Tim atau staf yang terlatih dan terampil dalam melakukan stock opname harus disiapkan untuk memastikan proses penghitungan stok barang berjalan dengan lancar dan akurat.

Dalam melakukan stock opname, perusahaan harus memastikan bahwa semua alat dan perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia dan dalam kondisi baik. Dengan menggunakan alat dan perlengkapan yang tepat, perusahaan dapat melakukan stock opname dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meminimalkan kesalahan dan memaksimalkan keuntungan.

Tags:

Bagikan ke

4 Jenis Stock Opname Yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

4 Jenis Stock Opname Yang Perlu Anda Ketahui

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: